Sumitomo Group Akuisisi 17.5% Saham BTPN

 

Sumitomo Corporation Group menambah kepemilikan sahamnya di Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau BTPN, setelah Summit Global Capital Management B.V, unit usaha Sumitomo yang berkantor di Amsterdam, Belanda, mengakuisisi 17.5 persen saham bank papan tengah yang andal di kredit mikro itu.

Dalam pres rilis yang diterbitkan Rabu (18/02) pekan silam, Corporate Communications Department Sumitomo Corporation menyatakan, "Sumitomo Corporation Group mempunyai fokus strategi industri untuk memperluas bisnis ritel dan mengaplikasikan berbagai upaya untuk memenuhi permintaan konsumen kelas menengah di negara ekonomi berkembang, dan Indonesia merupakan salah satu pasar paling penting bagi kami, khususnya di sektor keuangan, yang dilaksanakan dengan mengakuisisi saham BTPN."

Summit Global Capital Management B.V membeli saham BTPN sebanyak 1 miliar lembar dengan nilai Rp 5.800 per saham, yang total pembeliannya seharga Rp 5.92 triliun. Dengan pembelian saham terbaru ini, maka kepemilikan saham Sumitomo Corporation Group di BTPN menjadi 20 persen.

Namun Summit Global Capital Management B.V merupakan entitas yang berbeda dari Sumitomo Mitsui Banking Corporation atau SMBC, yang memiliki 40 persen saham, atau pemegang saham terbesar BTPN.

Summit Global Capital Management B.V merupakan anak usaha langsung dibawah manajemen Sumitomo Corporation sementara Sumitomo Mitsui Banking Corporation merupakan anak usaha dari Sumitomo Mitsui Financial Group Inc., yang merupakan perusahaan keuangan kedua terbesar di Jepang setelah Mitsubishi UFJ Financial Group.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laba Bersih Nintendo Semester-I 2014 Capai 14,3 Miliar Yen

Kenaikan Dividen Perusahaan di Bursa Tokyo Capai 13%

Empat Partai Oposisi Pertimbangkan Kerjasama