Bapak” Mobil Sport Z Nissan Tutup Usia

 

 Katayama Yutaka, yang dikenal sebagai “Bapak” Mobil Sport Z keluaran Nissan Motor Co, tutup usia Kamis pekan silam karena gagal jantung di Rumah Sakit di Tokyo pada usia 105 tahun.

Katayama bergabung dengan Nissan Motor pada tahun 1935, atau dua tahun setelah berdirinya perusahaan otomotif yang berkantor di Yokohama. Ia juga berperan aktif dalam memprakarsai All-Japan Motor Show pertama pada tahun 1954, yang saat ini dikenal sebagai Tokyo Motor Show.

Katayama juga pernah menempati posisi pimpinan Nissan yang menangani pasar Amerika Serikat di dekade 60-an, dan mengembangkan konsep mobil sport yang harganya terjangkau, di tindak lanjuti dengan pembuatan model "Fairlady Z".

Pada tahun 1998, Katayama dimasukan dalam Automotive Hall of Fame di Amerika Serikat, setelah Honda Soichiro, pendiri Honda Motor Co. dan Toyoda Eiji, mantan Komisaris Toyota Motor Corp.

Pria asal Prefektur Shizuoka yang pensiun dari Nissan pada tahun 1977, melobi Carlos Ghosn yang menjabat Presiden Direktur pada tahun 1999, guna menghidupkan kembali mobil sport “Z” yang akhirnya diproduksi pada tahun 2002.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laba Bersih Nintendo Semester-I 2014 Capai 14,3 Miliar Yen

Kenaikan Dividen Perusahaan di Bursa Tokyo Capai 13%

Empat Partai Oposisi Pertimbangkan Kerjasama