Terus Bersolek Mempromosikan Tokyo

Terus Bersolek Mempromosikan Tokyo(Jakarta) Rasanya belum komplit jalan-jalan ke Jepang jika belum mampir ke Tokyo. “Dari sekitar 200.000 orang turis Indonesia yang berkunjung ke Jepang, sebanyak 89% mengunjungi Tokyo,” ujar Director of Marketing and Promotion, Tokyo Convention & Visitors Bureau, Todokoro Akito.


Waktu terbanyak wisatawan Nusantara ke Jepang ada di Musim Sakura yang berlangsung akhir Maret hingga awal April. Ia mengincar kedatangan turis Indonesia itu di bulan-bulan lain seperti Juni hingga Oktober. Saat itu banyak wisatawan yang mengunjungi Singapura.


Agar jumlah wisatawan terus meningkat ke ibu kota Jepang itu, pihaknya melakukan sejumlah jurus marketing. Logo baru pun diluncurkan. “Logo bertuliskan &Tokyo ini menyimbolkan segala sesuatu dan siapa saja bisa terhubung dengan Tokyo. Misalnya, sushi & Tokyo atau Anda &Tokyo,” kata Todokoro.


Perayaan Helloween pun bisa berhubungan dengan Tokyo. Mereka mengeluarkan kantong plastik pengumpul sampah dengan warna kuning labu Helloween. “Anda dapat menemui kantong sampah ini khususnya di daerah Shibuya,” tuturnya.


Tempat-tempat wisata baru pun dibuka. “Salah satu yang terbaru adalah Snoopy Museum yang pertama di dunia,” kata Todokoro. Terkenal dengan Tokyo Disneyland, sejatinya kota megapolitan itu pun memiliki theme park lain yang juga menarik dikunjungi seperti Yomiuri Land dan Epson Aqua Park Shinagawa. Bukan sekedar akuarium air laut, taman itu juga memiliki aneka wahana permainan dan alat edukasi menggunakan layar sentuh.


Kendala terbatasnya kamar hotel di kota besar itu dicoba diatasi dengan penambahan jumlah kamar. “Di 2015 kami menambah 6.000 kamar hotel. Pada tahun ini kami menambah 5.000 kamar. Dibuka pula dua hotel baru. Hoshino Tokyo adalah hotel bergaya ryokan, penginapan tradisional Jepang. Di sini tamu dapat pula merasakan pengalaman mandi di sumber air panas alami,” tuturnya.


Menurutnya, ryokan berada di peringkat kedua yang menarik minat wisatawan Indonesia. Minat tertinggi ada pada makanan.