Wisata Ramah Lingkungan Dengan Sepeda di Kyoto

KyotoKinkakuji(Kyoto) Berwisata di kota Kyoto, yang dikenal memiliki berbagai peninggalan bersejarah yang masih terjaga dengan baik, tentunya akan lebih nyaman jika tidak mengikuti tur wisata berkelompok yang sudah terjadwal. Akan lebih menyenangkan jika melakukannya dengan bersepeda sambil menikmati indahnya pemandangan sepanjang perjalanan di kota yang dijuluki dengan Kota Seribu Kuil ini.


Wisata layaknya penduduk lokal di Kyoto dengan menyewa sepeda untuk melihat sekeliling kota dapat dijadikan pilihan berwisata. Banyaknya kuil-kuil, jalan gang-gang kecil, dan sisi-sisi sungai tempat berlabuhnya kapal, menjadikan bersepeda hal terbaik untuk dilakukan.


Kyoto Eco Trip yang mulai beroperasi pada tahun 2007, menawarkan wisata ramah lingkungan ini melalui penyewaan sepeda dengan harga yang terjangkau dan dilengkapi dengan peta serta panduan untuk lokasi yang paling ramai dan harus dikunjungi.


Di Kyoto dapat ditemukan beberapa pemandu tour menggunakan sepeda, namun banyak dari mereka mengikuti jadwal yang telah ditentukan, dan sedikit kesempatan bagi pengunjung untuk melakukan tour secara spontan disaat melihat sesuatu yang menarik.


Kyoto Eco Trip juga dilengkapi dengan brosur yang berisi peta dan jalur bersepeda, sehingga pengunjung dapat  memilih tempat mana yang ingin mereka kunjungi. Sepeda juga memiliki beberapa tipe dengan harga 800-2300 yen per-hari atau sekitar 80-200 ribu per-hari bergantung dengan tipenya yang menyesuaikan dengan cara pengunjung melakukan perjalanan, ada sepeda listrik yang standar dan  sepeda untuk keluarga.


KyotoKiyomizuRute yang dilapisi warna termasuk jalur Classic, akan membawa pengunjung ke Kuil Sanjusangen-do, jalan-jalan di Kamogawa, Kuil Ginkakuji, Kuil Nazenji, Kuil Heian, dan Kuil Kiyomizudera. Jalur lainnya mencakup jalur World Heritage, jalur Photogenic, jalur Easy Sightseeing, jalur Luck of Love, dan jalur Samurai. Jika setiap rute ditekankan perkiraan waktunya, setiap tempat destinasi akan dapat dikunjungi dengan kisaran waktu antara 45 menit hingga 2 jam. Jika ingin mengunjungi tempat spesial, staf mereka akan memberikan jalan pintas.


Jika ingin  menghabiskan sepanjang hari dengan bersepeda, Kyoto Eco Trip mengizinkan peminjaman sepedamulai pukul 9 pagi dan pengembalian sepeda pada jam tutup (6sore). Sepeda dapat dikembalikan paling lama pukul 10 malam dengan tambahan harga 400 yen atau sekitar 40 ribu rupiah per-jamnya.


KyotoHeianJinguKyoto Eco Trip juga melayani pengiriman serta pengambilan sepeda ke tempat anda menetap dengan biaya tambahan 300-2000 yen atau sekitar 30-200 ribu rupiah, bergantung pada lokasi dan jumlah sepeda yang akan dipinjam. Para staf juga sangat ramah dan memberikan pelayanan dalam bahasa Inggris.


Area parkir yang tepat akan dijelaskan, dan tempat parkir sepeda juga sudah ditandai dalam peta yang tersedia. Cara berkendara sepeda di Jepang juga dijelaskan dengan ilustrasi dalam brosur yang tersedia.


Sebelum pengunjung pergi bersepeda, para staf juga memastikan bahwa sepeda sudah benar-benar diperiksa dengan mengatur tinggi kursi juga mengecek rem sepeda. Lokasi Kyoto Eco Trip sangat strategis, terletak di pintu keluar bagian Selatan dari Stasiun Kyoto dan dilengkapi dengan website yang dapat diakses di http://www.kyoto-option.com/english/.