INCJ Beri Dana Talangan ¥ 75 M Untuk Japan Display

(Tokyo) Innovation Network Corporation of Japan (INCJ), perusahaan yang didukung pemerintah dan 19 korporasi utama di Jepang, Rabu (21/12) mengumumkan pemberian dana talangan tambahan senilai ¥ 75 miliar untuk membiayai Japan Display Inc, produsen layar kristal cair yang sedang menghadapi masalah keuangan.


INCJ merupakan pemegang saham mayoritas di Japan Display Inc, yang hasil produksinya diserap Apple Inc, namun seiring dengan turunnya penjualan iPhone dalam beberapa kuartal terakhir, mengakibatkan perusahaan membutuhkan pinjaman jangka pendek agar dapat menjalankan roda bisnisnya.


Di hari yang sama, Japan Display juga mengumumkan akuisisi Joled Inc, produsen layar yang merupakan perusahaan patungan Panasonic Corp. dan Sony Corp,, yang kemudian menjadikannya anak perusahaan.


Melalui akuisisi Joled, Japan Display berharap dapat meningkatkan pasokan layar LCD untuk ponsel pintar dan monitor kendaraan bermotor, serta unit untuk layar LED organik berukuran menengah dan besar.


Japan Display Inc. didirikan pada bulan April 2012 dengan melakukan merger unit usaha dari Sony Corp., Toshiba Corp., dan Hitachi Ltd.


Sebelumnya INCJ sempat mengupayakan Japan Display melakukan merger dengan unit bisnis LCD Sharp Corp., namun kalah dari Hon Hai Precision Industry Co. dari Taiwan, yang lebih dikenal dengan brand Foxconn, yang akhirnya dipilih Sharp menjadi mitra bisnis.