BNI Gandeng Surya Cipta Sediakan Lahan Untuk UKM Jepang

 

Rencana relokasi perusahaan skala kecil dan menengah nasabah dari 46 Bank Regional Jepang yang telah menjalin aliansi bisnis dengan Bank Negara Indonesia, mendorong bank pelat merah itu bermitra dengan PT Surya Cipta Swadaya, pengelola kawasan industri Surya Cipta untuk penyediaan lahan usaha di Karawang, Jawa Barat.


"Kerja sama ini difokuskan pada kegiatan seperti memberikan informasi mengenai lahan industri, kawasan pergudangan, dan perkantoran di Kawasan Industri Suryacipta untuk calon investor khususnya UMKM Jepang," ujar Dirut BNI Gatot M. Suwondo saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Johannes Suryacipta, Presiden Direktur PT Suryacipta Swadaya Rabu (27/03).


Menurut Gatot, kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari pembentukan Japan Desk BNI pada pertengahan tahun 2011 bekerjasama dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC), ditujukan untuk memberikan pelayanan komprehensif bagi para perusahaan asal Jepang yang ingin merelokasi bisnisnya ke Indonesia, baik berupa pelayanan produk perbankan maupun non produk perbankan seperti pemberian nasihat investasi, business matching, membantu perizinan, hingga pencarian lahan.


Rencananya kerjasama BNI dan pengelola kawasan industri Suryacipta akan diarahkan pada dua poin, yakni melakukan kerjasama untuk mempromosikan kawasan industri kepada UMKM asal Jepang, dan memasarkan kawasan industri surya Cipta kepada nasabah Bank Regional Jepang yang akan berinvestasi di Indonesia.


Sementara Johannes Suryacipta, Presiden Direktur PT Surya Cipta Swadaya menjelaskan kawasan industri yang dikelola perusahaannya adalah salah satu yang terbesar di Karawang Jawa Barat, dengan luas 1,400 hektar, dan telah dihuni sekitar 100 perusahaan, yang 70 persen diantaranya adalah perusahaan Jepang. "Tidak sekedar lahan untuk produksi, saat ini juga sedang dikembangkan fasilitas komersial dan pergudangan di Surya Cipta Karawan, serta perluasan lahan sekitar 2,000 hektar di Bekasi Utara."